Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Instagram merupakan sarana sosial yang memiliki jumlah pengguna lebih berasal dari 800 juta di semua dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi share foto dan video punya Facebook ini tercatat tersedia 88,22 juta juga Mei 2021. Melihat fenomena ini, tak salah jika selanjutnya Instagram dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran bisnis.

Instagram marketing menjadi pilihan banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan. Terlebih bagi bisnis berskala kecil, Instagram menjadi opsi trik pemasaran gara-gara tidak memerlukan biaya besar untuk menempatkan iklan.

Dengan tambah maraknya marketing di Instagram, maka Anda pun memerlukan trik yang pas agar bisa beradu bersama dengan para kompetitor. Berikut kami bagikan panduannya untuk Anda coba terapkan:

1. Mencari Calon Kustomer yang Potensial

Melalui Instagram, Anda bisa mencari calon costumer yang menyukai model product toko Anda dan mungkin besar bakal tertarik berbelanja di sana. Caranya adalah bersama dengan membuka akun kompetitor atau hashtag yang berhubungan bersama dengan product Anda. Setelah itu, follow akun berasal dari akun kompetitor dan hashtag tersebut. Coba cara ini setiap hari bersama dengan batasan jumlah, bila setiap hari cuma 20 orang. Anda juga bisa berkomunikasi bersama dengan calon costumer lewat komentar di akun kompetitor atau influencer.

2. Membuat Guidelines Profil Instagram

Guidelines adalah kerangka yang bakal dipakai sebagai acuan dalam setiap kesibukan usaha. Feeds atau halaman muka yang tersedia di Instagram menjadi salah satu guidelines perlu untuk membangun profil perusahaan Anda. Oleh gara-gara itu, Anda harus membuat feeds berikut nampak estetis. Caranya adalah bersama dengan menyelaraskan warna di setiap foto dan video yang Anda upload, latar belakang untuk setiap foto, model product yang ditawarkan, dan juga memakai template di setiap konten dan grid untuk merapikan penampilan feeds Anda Jasa Digital Marketing Bali Terbaik .

Guidelines tulisan juga elemen lain yang harus Anda perhatikan. Gaya bahasa ketika Anda berinteraksi bersama dengan audiens, template instastory, dan cara Anda mempromosikan product harus lebih bersahabat agar audiens pun bakal merasakan kedekatan bersama dengan Anda.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Dalam menggerakkan Instagram marketing, konten adalah unsur utama yang harus Anda perhatikan. Konten ini tidak cuma mengenai foto product saja, tetapi juga hal-hal lainnya yang bisa membuatnya menjadi konten yang menarik. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

Membuat konten untuk feeds

Isi konten tidak harus senantiasa berbentuk foto produk, tetapi bisa juga slideshow mengenai pengetahuan berasal dari product ataupun infografis.

Memperingati hari-hari yang penting

Contohnya layaknya pada hari besar, layaknya Idul Fitri, Natal, kemerdekaan, dan sebagainya. Cara ini bakal memengaruhi minat costumer pada penawaran yang Anda menawarkan spesifik pada hari tersebut.

Membuat kampanye

Anda bisa berkreasi pada konten ini. Sebagai contoh, Anda bisa menampilkan video singkat mengenai gagasan dalam membuat product teranyar yang bakal diluncurkan dalam saat dekat.

Caption foto berbentuk artikel atau storytelling

Di akhir caption, buatlah tulisan yang menggiring audiens untuk memakai product Anda.

4. Rutin Berkomunikasi bersama dengan Followers

Untuk membuat Instagram marketing berhasil, maka jangan malas untuk secara teratur berkomunikasi bersama dengan followers Anda. Tujuannya adalah untuk menginformasikan eksistensi bisnis Anda pada pelanggan dan juga menciptakan crowd yang bisa meningkatkan jumlah followers ataupun pelanggan.

Dalam membangun pertalian bersama dengan followers, Anda bisa melaksanakan beberapa perihal layaknya berikut ini:

Membalas setiap komentar yang ditinggalkan oleh mereka di tulisan Anda.

Menyelenggarakan giveaway pada saat spesifik berbentuk product atau voucher potongan harga.

Membuat kuis lewat story bersama dengan mengajukan pertanyaan berkenaan product yang Anda jual.

5. Memakai Banyak Hashtag

Hashtag (#) atau tagar berfungsi untuk meningkatkan jumlah followers dan kepopuleran Anda. Jadi, jangan ragu untuk Mengenakan banyak hashtag pada konten Anda. Semakin banyak hashtag yang Anda gunakan, maka tambah banyak engagement yang bakal Anda dapatkan. Pakailah tagar yang kondang di internet atau yang disukai followers Anda.

6. Gunakan Fitur yang Tersedia

Unsplash

Untuk Instagram bisnis, Anda bakal mendapatkan bervariasi fitur yang bakal terlalu mendukung Anda dalam mempromosikan bisnis Anda. Salah satu fitur yang bisa Anda memakai adalah insight yang terlalu mungkin Anda untuk lihat banyaknya akun yang berkunjung ke profil Anda, menyukai tulisan Anda, sampai yang berinteraksi bersama dengan Anda.

Selain itu, tetap tersedia beberapa fitur lainnya yang harus Anda manfaatkan, yaitu:

Highlight

Bermanfaat untuk mempermudah audiens lihat informasi toko Anda bersama dengan lebih detail.

Instastory

Berfungsi untuk membuat pertalian bersama dengan followers, layaknya kuis, polling, dan mini content.

Direct purchase

Memungkinkan costumer untuk belanja product langsung lewat feeds dan membuka bersama dengan platform lainnya, layaknya web site atau Facebook.

Instagram ads

Memungkinkan Anda untuk membuat iklan di Instagram, baik berbentuk story, feeds, atau lainnya.

7. Mengirim Pesan ke Followers

Jangan segan untuk beramah-tamah bersama dengan followers agar mereka merasakan ada koneksi dan bersedia untuk menjadi pelanggan setia dalam jangka saat panjang. Kirimkan pesan lewat direct message (DM) Instagram. Isinya bisa berbentuk ucapan menerima kasih gara-gara udah berbelanja di toko Anda, promosi product baru, potongan harga khusus, ataupun meminta foto mereka ketika memakai product Anda.

8. Mengunggah Konten di Waktu Tertentu

Meski efektivitasnya tetap belum terbukti, tetapi banyak pihak sangat percaya bahwa mengunggah konten di saat spesifik bisa berpengaruh pada crowd. Sebagian ahli menyarankan Anda untuk memposting pada pukul 7-9 malam di hari Rabu dan Kamis, gara-gara orang cenderung membuka akunnya pada saat tersebut. Selain itu, jam makan siang juga dipercaya bisa berpengaruh pada crowd Instagram. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Marmer Untuk Lantai Yang Berkualitas

Menyelami Dunia Superhero yang Seru dengan Anime 'Mob Psycho 100'

Kelebihan dan Kelemahan untuk Dipertimbangkan Dalam Menyewa Mobil di Jakarta